Tips Sukses Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

Menjalankan bisnis secara online memang kebiasaan baru masyarakat dan mulai meninggalkan cara bisnis secara konvensional atau manual. Disamping bisnis online yang sangat minim modal, bisnis online ini juga bisa dijalankan tanpa mengenal batasan waktu, serta target market yang tidak terbatas wilayah.

Misalnya kita berdomisili di Jawa Timur, maka kita akan bisa mendapat konsumen atau pembeli dari luar wilayah jawa timur, di seluruh Indonesia atau bahkan yang labih mengejutkannya lagi kita juga bisa mengekspansi target market kita ke luar negeri, mengingat sumber daya alam kita yang bisa kita maksimalkan untuk bisa diimpor ke luar negeri.

Memaksimalkan Gadget yang Sudah Ada

Kini anda tidak perlu memiliki modal yang sangat banyak untuk bisa memulai berbisnis online. Anda bisa mulai dengan gadget anda yang ada dirumah anda untuk bisa memulai berbisnis online. Anda bisa mulai mendaftarkan bisnis anda di berbagai platform social media misalnya Facebook, Instagram atau social media yang lainnya.

Dengan begitu, tempat jualan digital anda sudah bisa diakses  di platform social media. Kini anda hanya perlu mengunggah beberapa produk yang anda ingin jual agar mulai banyak orang yang bisa melihat lihat barang dagangan anda di social media itu.

Membangun Brand Awareness Atau Kesadaran Luas Akan Produk yang Anda Buat

Brand awareness merupakan kesadaran orang banyak dengan brand yang anda bangun. Atau lebih sederhananya lagi, brand yang anda bangun bisa mulai diketahui oleh orang banyak sehingga disitulah kesempatan anda untuk memberikan pelayanan dan penawaran se menarik mungkin kepada calon pelanggan Totobet.

Dengan membangun brand awareness ini anda juga bisa mulai membangun brand image anda, misalnya yang ingin anda sampaikan adalah klasik dan terjangkau. Maka pesan itu bisa anda sampaikan lewat desain ataupun kata kata yang bisa anda buat satu tema dengan dengan image yang ingin anda bangun di social media bisnis anda.

Menepatkan Sasaran Pasar yang Pas dengan Image Brand Anda

Tentunya setiap barang yang anda jual akan ada peminatnya sendiri sendiri. Contoh misalnya jika anda berjualan baju baju atau perlengkapan bayi, tentunya target market anda yang paling utama adalah ibu ibu. Baik ibu ibu muda maupun ibu ibu yang sudah lebih senior. Maka, anda bisa mendesain produk anda sedemikian rupa dengan mencocokkan selera ibu ibu pada umumnya.

Misalnya cute, minimalis, full warna, warna pastel, dan identitas brand lainnya yang bisa anda bangun di social media bisnis anda sendiri. Tentunya dengan konsistensi desain yang tetap konsisten dengan colour pallete yang sesuai dengan identitas brand anda.

Pilih Cara Pemasaran yang Bijaksana

Pemasaran yang bijaksana disini yang dimaksud adalah pilih jalan pemasaran yang sesuai dengan budget anda. Misalnya anda mempunyai bisnis yang baru saja berdiri, anda masih belum punya modal yang banyak untuk pemasaran. Anda bisa melakukan secara manual, dengan upload iklan manual di berbagai grup yang ada di Facebook misalnya, atau memberitahu teman teman terdekat anda tentang produk yang anda jual.

Namun jika anda sudah memiiki budget pemasaran sendiri, tentunya anda bisa mulai menganggarkan untuk iklan berbayar di berbagai platform social media, atau anda bisa meng endorse, paid promote pada influencer yang sesuai dengan image branding anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.